Senin, 21 Mei 2012

LOMBA DAN SEBUAH KEPERCAYAAN

Ditulis dan dipostingkan oleh Admin Web
Anda pernah mengikuti sebuah perlombaan. Pada sebuah perlombaan apa saja, anda  pasti menaruh sebuah harapan untuk menjadi seorang juara. Juara satu,dua atau tiga. Sudah barang tentu harapan bagi Dewan Juri untuk memberikan penilaian  sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

Apa yang akan terjadi jika yang menjadi Dewan Juri adalah orang-orang yang tidak dapat dipercaya lagi. Tentu jawabannya adalah Dewan Juri atau Panitia Penyelenggara akan dapat memutar balikkan fakta. Boleh jadi yang dalam penilaian sesungguhnya yang ada dibawah rangking empat atau lima dapat disulap dengan dijadikan nomor satu atau dua. Dengan demikian kiamat sudah.

Bimbingan yang maksimal bagi yang sebenarnya berada pada rangking I dan II didepak dijadikan Rangking dibawahnya. Kekecewaaan yang panjang. Ketidak percayaan pada Dewan Juri dan Kepanitian yang berkepanjangan, akan berakibat fatal pada kegiatan  sejenis di tahun berikutnya apabila lomba yang serupa dilaksanaan.

Salah satu akibat ketidakpercayaan adalah keengganan untuk mengikuti sebuah perlombaan. Semakin menurunnya peserta sebuah perlombaan adalah salah satu indikator dari ketidak adilan Dewan Juri atau Panitia Penyelenggara  dalam pemberian penilaian.

Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah keberanian bagi Panitia Penyelenggara atau Dewan Juri untuk memberikan sebuah penilaian dengan jujur, adil dan tidak memihak.....Dengan demikian, akan menumbuh kembangkan semangat untuk berlomba dan jumlah peserta lomba yang akan selalu bertambah dan tidak berkurang. Tulisan ini terlahir untuk sebagai renungan kita bersama untuk menuju hari esok yang lebih baik. 


0 komentar :

Poskan Komentar