Selasa, 02 Juli 2013

MANFAAT WEBSITE SEKOLAH

Ditulis dan Dipostingkan : Rabu, 2 Juli 2013.
           Sejak dimanfaatkannya internet, Website Sekolah adalah salah satu sarana yang ampuh untuk komunikasi dan media penghubung secara cepat, tepat, murah dan akurat antara sekolah dengan peserta didik, antara sekolah dengan pendidik,antara warga  sekolah dan  masyarakat luas serta antara sekolah dan Pemerintah dalam hal ini  Dinas Pendidikan dan Dinas Terkait baik dari Kecamatan,Kabupaten,Propinsi maupan Nasional. Dengan sekali klick di salah satu mesin pencari di internet http://google.com/ dengan menulis alamat URL maka akan terhubung dengan sekolah yang dimaksud atau dituju.
Sebagai bukti dari pernyataan ini adalah sebagai berikut:

1. Website sebagai Media Pengumuman.
Ketika sekolah menyampaikan  pengumuman  PPDB (Penerimaan Peserta Didik baru) baik itu persyaratan, jurnal harian maupun calon siswa yang diterima, website adalah salah satu sarana yang murah dan efektif sebagai media untuk penulisan. Tentu saja data yang ditampilkan dan ditulis adalah falid artinya data tersebut sama dengan yang ditempel di papan pengumuman sekolah.
Sebelum pengumuman ditulis di website para wali murid atau peserta didik banyak yang berbondong-bodong ingin menyaksikan pengumuman dengan datang ke sekolah, tetapi setelah adanya web jumlah yang begitu besar tahun pelajaran sekarang berkurang, karena mereka dapat mengakses dan mendownload Pengumuman tersebut lewat internet dengan membuka http://smpnegeri1kayen.blogspot.com/
Sejak Pengumunan PPDB Tahun Pelajaran 2013, kami upload di website tersebut, pengumuman tersebut telah dikunjungi lebih dari 250 pengunjung dalam 10 hari terakhir. Jumlah yang cukup besar. Jurnal harian PPDB  juga demikian, banyak masyarakat yang membuka dan mengikutinya lewat internet. Bahkan ada beberapa masyarakat luas yang memberikan komentar pada jurnal harian tersebut.
Adalah membutuhkan waktu yang begitu lama untuk memanggil para siswa yang telah lulus tapi belum sidik jari ijazah satu persatu melalui surat panggilan. Untuk menghubungi siswa secara cepat dan tepat kita dapat  menghubungi lewat HP,Pengumuman di Radio, Televisi dan lewat Website Sekolah.

2. Website Sekolah sebagai Media Informasi
Informasi tentang sekolah, sarana prasarana, info pendidik, info tenaga kependidik, hasil tulisan guru,info siswa, info alumni kurikulum,perangkat pembelajaran, e learning, segala kegiatan, extra kurikuler, prestasi yang telah dicapai, berita bahkan opini admin tentang apa saja.
Perangkat Pembelajaran yang telah dibuat sebagian besar Bapak/Ibu guru SMP Negeri 1 di Tahun Pelajaran 2012/2013 yang penulis upload di website SMP Negeri 1 Kayen http://smpnegeri1kayen.blogspot,com/ telah dikunjungi lebih dari 11.000 pengunjung. Sedangkan materi pengayaan untuk Ujian Nasional yang penulis peroleh dari Depdiknas Pusat Tahun 2011 yang kami upload di Website SMPN 1 Kayen dikunjungi lebih dari 10.000 pengujung. Demikian sumber ini penulis peroleh sumber terpercaya http://www.blogger.com dan http://google.com/  Jumlah pengunjung secara keseluruhan sampai artikel ini ditulis dan dipostingkan hampir mencapai 50.000 pengunjung.

3. Website Sekolah sebagai Sumber Belajar
Dengan adanya internet, sumber belajar tidak hanya terbatas pada guru, media cetak, radio, televisi tetapi Website Sekolah dapat dimanfaatkan untuk penulisan dan mengunggah sumber belajar yang dibutuhkan oleh peserta didik.
Keberadaan Papan Pengumuman di Sekolah, Selebaran,Banner di tempat umum, Koran, Tabloid, Majalah, Radio, dan televisi, telephone adalah media komunikasi yang sudah ada. Adanya internet dan Website Sekolah bukan berarti media yang lain tidak penting. Semua media adalah penting tergantung pada situasi, kondisi, dana dan kebutuhan. Media yang satu dengan yang lain saling melengkapi dan saling mendukung. Semoga tulisan yang sederhan ini bermanfaat.(Ditulis oleh P Damin)

0 komentar :

Poskan Komentar