Kamis, 29 Agustus 2013

Menulis Buku Harian atau Pengalaman Pribadi

Ditulis dan dipostingkan : Kamis, 29 Agustus 2013
Sumber penulisan Kumpulan Materi Ajar Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP, oleh Ibu Kasihati,S.Pd. salah satu Guru Bahasa Indonesia Kelas 7 SMPN 1 Kayen. Dipostingkan oleh Admin Web.

Buku harian berisi tulisan pribadi. 
Kamu dapat menuliskan semua  pengalaman  dan peristiwa yang kamu alami  dengan bebas. Kamu juga dapat  mencurahkan semua pikiran dan perasaan. Perasaan senang, marah,sedih, sayang, jengkel , atau cinta dapat kamu tuliskan apa adanya secara jujur. Buku harian bersifat rahasia  sehingga apa yang kamu tulis tidak akan diketahui oleh orang lain. Seseorang tidak boleh membaca  buku harian orang lain tanpa seijin pemiliknya.Oleh karena itu , rahasia kamu akan terjaga aman. Tidak jarang  kamu akan merasa lega setelah  mencurahkan  perasaan  kamu dalam buku haria

Buku harian  juga dapat membantu  kamu menjadi pribadi yang lebih baik. Dengan  menulis semua pengalaman, kejadian, pikiran, dan perasaan yang dialami, kamu dapat mengambil hikmah dari semua itu dan dapat menjadi pelajaran  untuk waktu yang akan datang. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui kekurangan atau kesalahan yang kamu perbuat sehingga kamu pun belajar untuk memperbaikinya

Menulis buku harian sangat menyenangkan karena kamu dapat menuliskan dengan  bahasamu sendiri. Kamu  tidak harus  menggunakan  kalimat yang baik, tetapi boleh menulis dengan menggunakan ” bahasa gaul ” . Penulisan  buku harian sering menggunakan kalimat ekspresif. Kalimat ekspresif adalah kalimat yang mampu  mengungkapkan  gambaran, maksud, gagasan, dan perasaan ( kalimat yang spontan keluar dari pikiran dan perasaan  yang dalam ).
Jika kamu menulis buku harian, cantumkan hal-hal sbb :
1.     Tempat
2.     Waktu
3.     Peristiwa
4.     Perasaan yang dialami.
 Menulis su­rat pribadi dengan mem­perhatikan komposisi, isi, dan bahasa
Jenis surat  ada bermacam-macam antara lain :
a.      Surat  dinas
Surat dinas adalah surat yang isinya berhubungan dengan masalah kedinasan. Surat dinas bisa dikirim oleh seseorang kepada suatu jawatan, bisa pula dikirim oleh sebuat jawatan tertentu kepada seseorang, atau dapat juga dikirim oleh jawatan tertentu kepada jawatan lain.
b.     Surat Resmi
Surat resmi ialah surat yang bersifat resmi dan mempunyai kekuatan hukum. Surat jenis ini dapat digunakan sebagai bukti di pengadilan.
c.      Surat niaga
Surat niaga ialah surat yang isinya berkisar pada masalah perdagangan, menawarkan barang, memesan barang, memprotes kiriman yang tak sesuai dengan barang pesanan, menagih hutang , dan sebagainya. Surat niaga ditulis oleh orang-orang atau badan-badan yang bergerak dalam dunia usaha, dalam lapangan perdagangan.Surat niaga disebut juga surat dagang.
d.     Surat-surat berharga
Surat berharga ialah surat yang mempunyai nilai tertentu dalam hubungannya dengan uang.
e.      Surat pribadi
Surat pribadi ialah surat yang bersifat kekeluargaan, dikirim untuk  kepentingan  pergaulan  sehari- hari .Surat pribadi disebut juga surat keluarga atau surat prive.                                 

0 komentar :

Poskan Komentar