Kamis, 29 Agustus 2013

Menuliskan Kembali Berita

Ditulis dan dipostingkan : Kamis, 29 Agustus 2013
Sumber : Kumpulan Materi Bahasa Indonesia kelas 7 SMP oleh Kasihati,S.Pd. Guru Bahasa Indonesia Kelas 7 SMPN 1 Kayen. Dipostingkan oleh Admin Web.


Setiap orang pasti pernah memperoleh berita. Berita atau informasi yang kita peroleh tersebut dapat
melalui indra pendengar dan indra penglihatan.Berita yang kita peroleh melalui indra pendengaran adalah berita yang disampaikan melalui media elektronik seperti televisi dan radio. Berita yang kita peroleh melalui indra penglihatan adalah berita yang kita baca melalui media cetak seperti koran, majalah, atau tabloid.Pada umumnya , berita-berita tersebut disampaikan secara jelas, lengkap, dan komunikatif.Oleh karena itu, kita menjadi tertarik untuk mendengar atau membacanya.

Di zaman modern dan era globalisasi ini, informasi dapat kita terima dengan sangat cepat. Berita dari dalam negeri dan luar negeri, dari kota hingga pelosok desa pun selalu disampaikan dengan begitu cepat melalui televisi, radio,media cetak dll. Berita yang disampaikan dapat meliputi berbagai macam bidang kehidupan antara lain pendidikan, politik,sosial, ekonomi, budaya , kesehatan , kesenian dan olahraga

Dalam satu hari, sangat banyak berita yang kita dapatkan bahkan kita tidak dapat mengingat semua berita itu. Berita merupakan salah satu sumber pengetahuan. Sayang , jika tidak kita manfaatkan dan menjadi hilang begitu saja. Salah satu cara untuk mengingat berita yang kita peroleh adalah menulis kembali berita. Apabila akan menulis kembali suatu berita, kamu tidak perlu menuliskannya sama persis seperti yang kamu baca atau kamu dengarkan.Kamu cukup menulis hal-hal yang penting saja. Hal-hal penting tersebut, antara lain :
  1. Pokok atau inti berita
  2. Kronologi berita
  3. Orang-orang atau tempat yang menjadi berita,
  4. informasi yang ada di dalam berita.

0 komentar :

Poskan Komentar