Sabtu, 09 Agustus 2014

Belajar secara On Line dengan memanfaatkan Layanan Gratis EDMODO.COM.

Ditulis dan dipostingkan : Sabtu, 9 Agustus 2014. Oleh  Admin Web..
Para pembaca Webite SMP Negeri 1 Kayen yang budiman, belajar dengan on line service tidak hanya untuk guru atau para siswa di negara maju, tidak pula monopoli guru atau para siswa yang ada di kota-kota besar. Sekolah-sekolah yang ada di kota-kota kecil atau di pedesaan, selama jaringan internet dapat diupayakan, mempunyai hak yang sama seperti sekolah-sekolah yang ada di negara maju maupun sekolah yang ada di kota-kota besar. Demikian pula,tidak ketinggalan para siswa SMPN 1 Kayen , Kabupaten Pati, Prov. Jawa Tengah, Indonesia dengan arahan dan bimbingan admin web yang berkolaborasi dengan Bp dan Ibu Guru TIK SMPN 1 Kayen ( Bp. Syaefudin Zuhri,S.Kom dan Ibu. Puji Dwi Hastuti,S.E,S.Kom, telah memanfaatkan layanan internasional tersebut yaitu  https://www.edmodo.com/  untuk pembelajaran.

Namanya hal yang baru bagi kami dan para siswa SMPN 1 Kayen, tentu dibutuhkan ketelatenan, kesabaran dan keuletan untuk memanfaatkan layanan gratis tersebut. Try error dan try correct....mencoba salah...mencoba benar ....adalah hal yang telah kami upayakan. Bila tidak pernah mencoba berarti tidak akan pernah bisa. Jika mencoba sekali dua kali tiga kali salah....Insya Allah...yang keempat bisa benar. Hal seperti telah admin web dan para siswa SMPN 1 Kayen lakukan terutama para siswa yang duduk di kelas 9A,9B,9C dan 9D.

Nama-nama siswa SMPN 1 Kayen yang telah berhasil bergabung di Layanan Gratis Belajar On Line pada EDMODO COM adalah dapat dilihat : Disini

Dengan arahan kami, sebagian dari mereka telah mampu belajar Bahasa Inggris secara on line. Tanpa terbayang rasa takut mereka menulis keluhan atau kesulitan dalam Bahasa Inggris. Kami dan anggota kelompok lain juga berusaha membantu dalam Bahasa Inggris. Sebenarnya tidak terbatas pada kelas tersebut, kelas kelas  yang lain di SMPN 1 Kayen mempunyai hak yang sama. Hal ini kami lakukan hanya merupakan langkah awal, sehingga terbatas pada kelas-kelas  yang penulis ajar. Tidak menutup kemungkinan hal ini dilakukan oleh Bapak Ibu Guru lain dengan pelajaran yang berbeda sesuai bidang studi yang diajarkan.Walau demikian pembelajaran efektif dan efesien di dalam kelas pada kelas tersebut tetap harus kami laksanakan. Jam pembelajaran di pagi hari harus tetap dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah dibuat oleh sekolah.

Pemanfaatan edmodo com, dimungkinkan pembentukan kelompok diskusi pembelajaran secara online antara siswa dengan siswa dan antara para siswa dengan guru dan para pembelajar pada pelajaran sejenis di seluruh penjuru dunia. Kesulitan para siswa secara individu pada materi tertentu dapat dibimbing secara on line. Karena online...maka tidak lagi terbatas pada tempat dan waktu. Hasil dari diskusi dapat ditayangkan di layanan tersebut dan dapat diketahui oleh teman sekelasnya atau group/kelompok diskusi.

Penambahan materi, pemberian tugas-tugas (assignment),Quiz, dapat disetting oleh pengajar dan dikerjakan para siswa. Kemajuan siswa secara individu dapat diketahui secara cepat dan tepat tak hanya didalam ruang kelas saja, tetapi dapat kami pantau di luar kelas, dirumah atau dimanapun, tidak terbatas pada tempat,ruang dan waktu. Walau demikian, Kegiatan Pembelajaran di dalam kelas ....sekali lagi....tidak boleh diabaikan harus dilaksanakan sesui dengan jadwal. Tapi untuk tugas atau Quiz atau apapun....menurut pendapat....tidak perlu dilaksanakan secara terus menerus lewat on line....mungkin beberapa kali tugas....atau beberapa kali Quiz dalam satu semester yang perlu dilaporkan secara on line. Hal ini perlu kami sampaikan, agar para siswa yang menggunakan layanan ini tetap enjoy....tetap senang...tidak merasa tertekan....karena mereka juga membutuhkan waktu untuk belajar bidang studi lainnya atau melakukan kegiatan-kegiatan  lain.

Pelaksanaan kurikulum 2013, diupayakan adanya penilaian autentik. Dengan diskusi secara langsung dan tugas yang ditulis dan dapat diakses oleh para anggota /member group (para siswa) tersebut, tampaknya merupakan portofolio tersendiri. Hasil pekerjaan siswa tak hanya dapat dilihat oleh siswa tersebut tetapi dapat dilihat oleh para pengguna edmodo.com di seluruh dunia. Sehingga tidak usah siswa mengumpulkan portofolio di dalam stop map untuk tugas yang sudah ditulis tersebut.

Jika para pengajar menginginkan layanan on line pembelajaran ini, silakan kunjungi  EDMODO COM . Syarat cukup mudah jika ingin menggunakan layanan tersebut. Syarat utama adalah membunyai e mail dalam bentuk Google Mail atau Yahoo Mail. Silakan masuk ke alamat tersebut dan ikuti perintahnya. Pembuatan group atau kelompok belajar ini dapat direalisasi atau diwujudkan bila ada jaringan internet di sekolah. Jaringan internet dengan Hot Spot sudah ada di  SMPN 1 Kayen, didalam kelas atau di dalam ruangan. sudah tersedia. Untuk jaringan internet diluar sekolah dapat dilakukan di Warnet atau memakai modem.

Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada pengelola Web Edmodo Com. Dengan adanya layanan tersebut kami bisa membantu para siswa kami secara individu maupun kelompok. "At this chance, I would like to say thank you very much to Edmodo Com, because by using this online service, I am able to help my students in Learning English" Demikian, semoga posting ini bermanfaat.

0 komentar :

Poskan Komentar