Minggu, 10 Agustus 2014

LEARNING SCHOOL (SEKOLAH PEMBELAJAR)

Ditulis dan dipostingkan : Minggu, 10 Agustus 2014. Oleh Admin Web.
 Pada posting ini kami sebagai admin web akan menulis sebuah opini tentang sekolah pembelajar atau Learning School. Konsep Learning School sebenarnya sudah diutarakan dan dibahas oleh para ahli pendidikan beberapa tahun lalu. Sekolah pembelajar maksudnya adalah tidak hanya para siswa saja yang belajar di sekolah tetapi semua warga sekolah perlu belajar. Yang dimaksud dengan warga sekolah disini adalah Pendidik atau Guru, Tenaga Pendidik atau staff TU, Karyawan dan semua Siswa di sekolah tersebut.

Ilmu Pengetahuan berkembang demikian cepat. Demikian juga ketrampilan dan norma-norma. Menurut pendapat kami, sebagai warga sekolah kita tidak boleh  ketinggalan jaman.Kita tidak boleh keinggalan Ilmu Pengetahuan,ketrampilan dan norma-norma tersebut. Oleh karena itu, kita perlu belajar dan belajar dari siapapun. Kita dapat belajar  dari teman,belajar dari orang lain, belajar dari buku, belajar dari media cetak, belajar dari televisi, belajar dari situs pembelajaran di internat bahkan kita harus mau belajar dari para siswa.

Memang kelihatannya lucu, guru mau belajar dari siswa. Tetapi sebenarnya tidak lucu sebab ada pepatah Bahasa Jawa yang mengatakan : Kebo Nusu Gudel. Maksud dari pepatah tersebut adalah orang tua mau belajar dari anak. Orang tua disini adalah orang tua kandung sedangkan di sekolah adalah guru sedangkan anak adalah anak kandung, sedangkan di sekolah adalah anak didik atau peserta didik.

Sekolah pembelajar (Learning School), adalah suasana di sekolah tersebut  semua warga sekolah  mau belajar. Dengan belajar kita akan menambah wawasan kehidupan, dengan belajar akan membuka pemikiran kita (open minded), dengan belajar akan terbuka  pandangan kita tentang apupun.

Dalam ajaran Agama Islam wahyu pertama yang disampaikan oleh Malaikat Jibril (Utusan Allah SWT) kepada Rosulluloh Muhammad SAW di Gua Hiro adalah surat Al Alaq (ayat 1-5) (ayat 1 Iqra) yang artinya Bacalah. Kita harus mau membaca, membaca yang tertulis maupun membaca alam semesta.

Kalau kita tidak mau membaca atau belajar kita termasuk orang yang sombong. Didalam salah satu ayat Al Quran dalam terjemahannya : Seandainya pohon pohon di dunia ini dijadikan mangsi dan air laut dijadikan tintanya...maka tidak akan habis untuk menulis kalam Allah. Subhannalloh. Ternyata ilmu pengetahuan, ketrampilan yang dititipkan kepada kita ternyata sangat sedikit. Kita memang seharusnya mau belajar dan belajar dimanapun berada termasuk di sekolah.Semoga bermanfaat.

0 komentar :

Poskan Komentar