Kamis, 30 Oktober 2014

Bagaimana mendaftar menjadi Kontributor dan Anggota Forum pada Portal Jateng Pintar

Ditulis dan Dipostingkan oleh Admin Web,
Para pembaca Website SMPN 1 Kayen yang budiman, baru-baru ini di hotel Permata Biru dan Hotel New Bandungan Indah di Bandungan,Semarang diselenggarakan Pelatihan Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran dan Pengembangan Kurikulum 2013 oleh BPTIKP Disdik Prop Jateng. Sasaran dari Pelatihan tersebut adalah para Bapak Ibu Guru yang terdiri dari Guru Pedamping Kurikulum 2013, Guru yang tergabung pada Team Pengembang Kurikulum 2013, Guru Yang Kompeten TIK, Kepala Sekolah dan Pengawas. Pada kegiatan ini, Admin Web SMPN 1 Kayen memperoleh kesempatan dengan melaksanakan tugas dari Kadinas Kab. Pati untuk mengikuti Pelatihan tersebut mewakili dari Jentang SMP.

Pada pelatihan tersebut oleh Pemberi Materi diharapkan agar para peserta setelah tiba di Kabupaten atau Kota Madya dapat menularkan materi pelatihan pada teman teman bapak ibu guru dimana mereka tinggal, paling tidak di Lingkungan Sekolah mereka mengajar.

Salah satu kegiatan utama pada pelatihan tersebut adalah Pengenalan Portal Jateng Pintar. Portal Jateng Pintar sebenarnya adalah sebuah Portal atau Aplikasi On Line di Internet yang dikembangkan oleh Disdik Prop. Jateng melalui BPTIKP. Para peserta dilatih untuk bagaimana menjadi member atau anggota Jateng Pintar, bagaimana untuk menjadi Kontributor atau penyumbang tulisan atau artikel yang ada hubungannya dengan Pembelajaran,bagaimana untuk mengupload foto-foto Kegiatan Pembelajaran pada Kurikulum 2013 atau kegiatan sekolah lain, bagaimana untuk masuk ke forum Jateng Pintar dan bagaimana mendownload peraturan-peraturan terbaru yang ada hubungannya denga Pendidikan di Negeri ini, juga kalau sudah menjadi anggota/member atau kontributor dapat melihat data pendidik dari mulai jenjang SD,SMP,SMA dan SMK yang mengajar di Jawa Tengah.

Sebenarnya semua Bapak atau Ibu Guru, Tenaga Kependidikan dan semua siswa di Propinsi Jawa Tengah bisa menjadi Kontributor sesuai dengan jenjang mengajarnya. Tetapi untuk siswa pada saat artikel ini dipostingkan baru taraf pengembangan. Untuk menjadi member,anggota atau kontributor saratnya sangat mudah yaitu dengan mempunyai e mail yang masih aktif bisa dari yahoo atau dari G mail. Admin sarankan pada portal ini gunakan saja G Mail. Menurut pengalaman peserta pelatihan beberapa aplikasi lebih dapat diterima. Tapi tidak ada salahnya bila para pembaca menggunakan yahoo juga bisa. Admin sendiri juga menggunakan yahoo. Tapi juga bisa. Asal yang menjadi syarat utama adalah e mail yang digunakan adalah masih aktif. Karena klarifikasinya adalah dengan dimasukkan ke email pendaftar.

Seperti halnya jejaring sosial lainnya, bila sudah mendaftar di  Portal Jateng Pintar e mail untuk mendaftar, user name atau nama pengguna dan pass word supaya dicatat supaya tidak lupa. Pada prinsipnya kalau para pembaca sudah berhasil mempunyai akun face book, twitter, google, yahoo, blog, web, bbm dan lain-lainnya maka hampir sama seperti itu. E mail aktif, Pengguna/User Name dan Pass Word sebaiknya tidak boleh terlupakan.

Dengan masuk ke Jateng Pintar sebagai anggota,kontributor maka akan menambah pengetahuan dengan berbagi Bahan Ajar untuk Pembelajaran dengan Bapak/Ibu Guru. Kepala Sekolah,Pengawas,yang berada di Lingkup Propinsi Jawa Tengah.

Untuk masuk ke Portal Jateng Pintar : Silakan Klik Disini
Semoga posting ini bermanfaat.

4 komentar :