Senin, 06 Oktober 2014

Cara Membuat Website Sekolah Resmi di Indonesia

Ditulis dan dipostingkan kembali Selasa, 28 April 2015 oleh Admin Web.
Pada posting ini, Admin Web berbagi pengalaman dalam usaha pembuatan Website Sekolah dengan Domain resmi. Yang dimaksud dengan domain resmi adalah domain tersebut secara resmi telah didaftarakan ke PANDI melalui beberapa perusahaan yang bergerak pada jasa Hosting dan Domain yang ada di Indonesia. 

Sebenarnya, ada banyak  perusahaan dari negara-negara lain yang  menyediakan Hosting dan Domain baik yang ber bayar maupun secara gratis. Karena kami tinggal dan hidup di Indonesia, maka kami mamakai jasa dari PANDI (Perusahaan Resmi yang mengurusi Hosting dan Domain yang ada di Negara kita tercinta Indonesia). Sebuah Website Sekolah yang ada di Indonesia dikatakan resmi  apabila ada  kata atau unsur  sch.id. pada alamat atau domain nya. Untuk Website SMP Negeri 1 Kayen, kami mendaftar secara resmi melalui Rumah Web Indonesia.


Adanya unsur sch.id menunjukkan bahwa sebuah  Website Sekolah sudah secara resmi didaftarkan pada PANDI. Untuk memperoleh sch.id. ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yaitu : 
1. Surat Permohonan Pendaftaran Domain dari Kepala Sekolah, 
2. Surat Kuasa dari Kepala Sekolah ke Pengelola atau Admin Web dan 
3. KTP atau  identitas lain dari Pengelola/Admin Web.
Ketiga persyaratan tersebut dibuat dan discan kemudian dikirimkan ke perusahaan yang mengelola hosting dan domain.

Adalah shah-syah saja bila sebuah website sekolah menggunakn blog atau jejaring sosial lainnya. Admin Web SMPN 1 Kayen juga berfikir demikian. Tetapi ketika Admin Web dipanggil untuk mengikuti Lomba Pengayaan Sumber Belajar berbasis Website Sekolah Tingkat Propinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh BPTIKP Disdik Jateng (Tahun 2012,2013 dan 2014) menurut pendapat dari para Dewan Juri dari Pustekom, UNNES dan Udinus:  sebuah Website Sekolah dikatakan resmi apabila ada unsur atau kata sch.id pada Domain nya (alamat websitenya)


Pada kesempatan ini, kami mengucapkan banyak  terima kasih kepada Bapak Rahmad guru SMK Negeri 2 Sragen dan  Bapak Abdul Wahab Guru SMKN 2 Pati dan SMK Tunas Harapan Pati yang telah mau menulari dan membimbing kami dalam usaha pembuatan Blog dan atau Website Sekolah yang baik.  Ucapan terima kasih berikutnya kami sampaikan kepada TEAM IT LPMP Jateng dan TEAM IT BPTIKP Disdik Jateng yang telah memfasilitasi kami dalam pembuatan Blog dan Website sekolah. Kepada Bp Gunawan Setiadi (Pengawas Pendidikan Kabupaten Pati) yang memotivasi kami untuk membuat Website Sekolah dengan domain resmi. Tak ketinggalan, semua teman yang tak dapat kami sebutkan satu persatu yang telah mau sharing dengan kami baik itu dari lingkup SMP Negeri 1 Kayen dan teman teman dari Kabupaten lain di Jawa Tengah pada waktu lomab atau pelatihan. Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan Bapak,Ibu,Mas,Mbak dan Adik semua. Kami juga mengucapkan banyak terima kasih pada Rumah Web Indonesia yang telah membantu kami.

Adapun beberapa tujuan pembuatan Website Resmi SMPN 1 Kayen adalah : Silakan Klik Disini


Memang berat untuk membuat Website Resmi Sekolah secara resmi dengan adanya unsur sch.id di bagian belakang alamat terutama bagi kami yang baru pertama kali membuat. Tetapi dengan  usaha yang keras, pantang menyerah dan berkat pertolongan Allah SWT, akhirnya kami dapat mewujudkan sebuah impian menjadi sebuah kenyataan. Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah SWT, SMP Negeri 1 Kayen sekarang telah memiliki Website Sekolah Resmi dengan Domain : http://www.smpnegeri1kayen.sch.id/ . Walau demikian, kekurangan masih tetap ada.  Hanya milik Allah SWT segala kesempurnaan. Oleh karena itu, saran dan kritik dari para pembaca senantiasa kami harapkan demi perbaikan Website SMP Negeri 1 Kayen.

Bila para pembaca ingin mengetahui lebih jauh tentang perjalanan terwujudnya Website SMP Negeri 1 Kayen dari pertama kali dibuat hingga sekarang : Silakan klik disini

2 komentar :