Minggu, 01 Februari 2015

Legenda Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang, Klaten, Provinsi Jawa Tengah

Ditulis dan dipostingkan oleh Admin Web

Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang merupakan Candi Hindu yang terletak di Klaten. Jawa Tengah, Indonesia. Ada cerita turun menurun yang beredar di masyarakat yaitu Legenda Candi Prambanan.

Secara singkat dikisahkan, pada jaman dahulu, Bandung Bodowoso dengan melihat kecantikan Roro Jonggrang, ia seketika jatuh cinta dan ingin memperistri Roro Jonggrang. Tetapi karena Roro Jonggrang telah mengetahui  bahwa Bandung Bondowoso telah membunuh Prabu Baka (ayah dari Roro Jonggrang) dalam pertempuran maka ia menolak keinginan Bandung Bondowoso.

Cara menolak cinta Bandung, Roro Jonggrang meminta Bandung Bondowoso untuk membuat seribu arca di sebuah candi dalam satu malam. Dengan bantuan makluk halus, di desa Prambanan, Bandung Bondowoso hampir dapat memenuhi permintaan Roro Jonggrang. Tetapi setelah fajar tiba hanya 999 arca yang telah dapat dibuat oleh Bandung Bondowoso.

Bandung Bondowoso mengetahui bahwa Roro Jonggrang telah memakai tipu daya sehingga ia tetap meminta Roro untuk menerima cintanya. Tetapi Roro Jonggrang tetap menolak. Karena marahnya Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggarng menjadi sebuah arca untuk melengkapi arca yang keseribu. Anehnya, Roro Jonggang menjadi arca beneran. Sehingga orang mengenal candi tersebut dengan Candi Prambanan karena terletak di Desa Prambanan atau disebut juga Candi Roro Jonggrang.

Nilai moral dari cerita atau Legenda Candi Prambanan tersebut adalah kita tidak boleh memaksa orang lain untuk mencintai diri kita.

Mencoba : Mencoba Narrative

Inilah Video dari Legenda tersebut dalam versi Bahasa Inggris :

0 komentar :

Poskan Komentar