Senin, 03 Agustus 2015

Permainan Bola Besar

Ditulis dan dipostingkan oleh Admin Web.

A.  Sepakbola
Sepakbola adalah permainan olahraga beregu bola besar yang terdiri dari dari 11 orang pemain tiap regu termasuk penjaga gawang, dimainkan di atas lapangan persegi panjang dan dibatasi dengan waktu 2 x 45 menit, istirahat 15 menit dan dipimpin oleh seorang wasit dan dibantu oleh hakim garis.

1.  Teknik Menendang Bola (Shooting)
Menendang bola adalah suatu teknik menyentuh atau mendorong bola dan merupakan faktor dominan dalam permainan sepak bola. Secara garis besar, menendang bola dibedakan menjadi tiga macam.
a.  Menendang bola dengan kaki bagian luar
b.  Menendang bola dengan punggung kaki
           
2.  Teknik Menahan Bola (Holding)
Teknik menahan bola atau mengontrol bola ada dua cara.
a.  Menahan bola dengan dasar kaki
b.  Menahan bola dengan kura-kura kaki

3.  Teknik Menggiring Bola (Dribbling)
Menggiring, yaitu gerakan mendorong bola ke depan variasi ke samping sambil berlari sehingga bola bergulir di atas tanah dan selalu dalam penguasaan pemain. Dalam menggiring bola dapat menggunakan berbagai kaki, kaki bagian dalam, luar dan kura-kura kaki.
a.   Menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam.
b.   Menggiring bola menggunakan kaki bagian luar

4.   Teknik Menyundul Bola (Heading)
Gerakan menyundul bola dapat dilakukan dengan cara di tempat ataupun berlari. Cara melakukannya :

 B. Bola Voli
Permainan bola voli adalah permainan bola besar yang dilakukan oleh dua regu yang saling berhadapan dengan dipisahkan oleh sebuah jaring di tengah lapangan dan setiap regu terdiri dari 6 orang yang dibatasi setiap satu setnya terdiri dari 25 point dengan sistem rally point dan dipimpin oleh dua orang wasit.
Spike
1.  Teknik dasar Servis Atas
Servis merupakan bentuk serangan yang pertama dalam permainan bola voli. Untuk itu, pemain voli harus dapat melakukan servis dengan benar masuk ke daerah lawan.

2.  Teknik dasar Smes (Spike)

3.  Teknik Passing
Blocking
Passing merupakan teknik dasar gerakan voli yang mutlak harus dikuasai oleh pemain, baik passing bawah maupun passing atas.

4.  Teknik Membendung (Blocking)
Blocking adalah upaya menghalangi lawan dengan cara merentangkan kedua tangan dan teknik membendung dapat dilakukan sendiri maupun dua atau tiga orang di dekat net

      C.  Bola Basket
Permainan bola basket dilakukan di lapangan dan dimainkan oleh dua regu yang berhadapan dengan cara memasukkan bola ke ring basket sebanyak-banyaknya. Pemain bola basket setiap regunya terdiri dari 5 orang yang dipimpin oleh dua orang wasit.
   1. Teknik passing
Passing adalah gerakan melempar bola untuk mengadakan umpan kepada teman satu tim dalam menyusun serangan.Passing dalam basket dapat dilakukan dengan dua tangan ataupun satu tangan.

   2.  Menggiring (Dribbling)
Menggiring atau mendribel adalah gerakan memantul-mantulkan bola dengan satu tangan dan telapak tangan terbuka, baik dilakukan di tempat maupun jalan atau lari.

   3.  Shooting
Shooting atau menembak adalah teknik dalam bola basket untuk melakukan tembakan ke arah ring basket untuk memperoleh nilai. Shooting itu sendiri dapat dilakukan dengan satu tangan ataupun dua tangan.

   4.  Tembakan melayang (Lay-up shoot)

Lay-up adalah jenis tembakan yang dilakukan dari jarak dekat ring basket yang didahului dengan gerakan langkah. 
(Sumber materi : http://nasrudinanwar09.blogspot.com/)

0 komentar :

Poskan Komentar