Jumat, 09 Oktober 2015

Layakkah Apabila Logo Sekolah Diletakkan Pada Kaos Kaki Siswa?

Ditulis dan dipostingkan oleh Admin Web.
Para pembaca Website SMP Negeri 1 kayen yang budiman. Pada akhir-akhir ini, ada tren baru dimana sebuah logo sekolah ditempelkan atau disablonkan pada  kaos kaki siswa. Logo adalah sebuah tanda atau identitas dari suatu instansi tertentu yang menggambarkan sesuatu yang menjadikan ciri khas dan sesuatu yang ingin dicapai dan beberapa cara atau usaha pelaksanaan untuk mencapai tujuan dari instansi tersebut. Logo Sekolah adalah tanda, gambar atau lambang yang disertai dengan beberapa kata yang menggambarkan suatu sekolah, cita-cita yang ingin diraih oleh sekolah dan bagaimana usaha pelaksanaan meraih tujuan atau cita cita tersebut.

Para pembaca yang budiman. Menurut pendapat Admin Web, sebuah logo dapat diibaratkan sebuah bendera. Perasaan apa yang muncul bila sebuah bendera negara diinjak-injak atau ditaruh dikaki oleh seseorang? Tentu warga negara yang benderanya diberlakukan demikian.  akan tersinggung, sakit hati dan marah. Karena orang yang meletakkan bendera di kaki. bisa dipastikan, dia  tidak dapat menghargai atau menghormati keberadaan negara tersebut. 

Karena sebuah Logo Sekolah merupakan ciri khas, simbol, identitas dan lambang dari sekolah tertentu, sudah pas bila logo diletakkan atau ditempelkan pada baju lengan kanan siswa. Jika hal ini dilakukan logo sekolah berada di tempat yang baik, tempat yang layak atau terhormat.

Ada beberapa sekolah yang mengambil kebijakan dengan menaruh logo sekolah selain di baju lengan siswa, logo sekolah juga ditaruh di kaos kaki siswa dengan cara disablon atau dibordir. Bila melihat hal ini terjadi Admin merasakan suatu yang kurang pas.

Coba kita bayangkan. Sebuah logo sekolah berada di sekitar kaki, Secara tidak disadari setiap hari bila kaos kaki seragam yang ada logonya dipakai siswa berarti identitas tersebut terinjak injak. Ini berarti, Logo Sekolah berada di tempat yang tidak layak. Dan yang lebih parah lagi adalah apabila kaos kaki selama 5 hari tidak dicuci warna putih kaos kaki akan berubah menjadi warna hitam karena kotoran yang melekat. Logo yang ada dikaos kaki tadi tidak jelas warnanya. dan tentu kaos kaki berbau tidak enak.

Memang tidak ada aturan yang mengikat, sebuah Logo Sekolah mau ditaruh disebelah mana. Menurut pendapat Admin, penempatan logo sekolah bisa ditempatkan di baju lengan siswa atau di bagian luar saku baju. Demikian, semoga posting ini menjadikan pertimbangan bagi pengambil kebijakan di satuan pendidikan atau sekolah. Semoga bermanfaat.

0 komentar :

Poskan Komentar