Kamis, 01 Oktober 2015

SMP Negeri 1 Kayen Memperingati Hari Kesaktian Pancasila

Ditulis dan dipostingkan oleh Admin Web.
Hari ini, Kamis, 1 Oktober 2015, SMP Negeri 1 Kayen melaksanakan Upacara Bendera untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Sebagai Pembina Upacara adalah Bapak Widya Sadmana.

Setelah kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945, ada usaha usaha untuk mengganti Dasar Negara RI yaitu Pancasila dengan Dasar Ideologi yang lainnya.Usaha untuk mengganti Pancasila dilakukan oleh Kelompok tertentu atau Partai tertentu, sehingga terjadi pembunuhan para jendral atau tentara dan sebagian masyarakat pada tanggal 30 September 1965. Para jendral dan tentara itu sekarang  dikenal dengan Pahlawan Revolusi. Tetapi pemberontakan yang terjadi pada tanggal 30 September 1965, telah dapat diatasi oleh TNI (Tentara Nasional Indonesia) dengan bantuan sebagian besar Rakyat Indonesia yang masih menghendaki Pancasila sebagai Dasar Negara.

Sudah selayaknya, bagi kita untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Sebagai Dasar Negara, Pancasila dapat mempersatukan berbagai suku bangsa, perbedaan agama dan kepercayaan, perbedaan bahasa, adat istiadat  serta perbedaan lainnya yang ada di Indonesia. Walau ada berbagai perbedaan tetapi kita tetap satu bahasa, satu bangsa, satu tanah air dan satu negara yaitu Bahasa Indonesia, Bangsa Indonesia, Tanah Air Indonesia dan Negara Republik Indonesia dengan Dasar Pancasila dan UUD 1945 dan Merah Putih sebagai bendera negara.

Inilah beberapa foto dokumentasi dari kegiatan tersebut.





0 komentar :

Poskan Komentar