Kamis, 21 April 2016

Peringatan Hari Kartini dan HUT Ke 36 SMP Negeri 1 Kayen

Ditulis dan dipostingkan oleh Admin Web. Foto oleh B. Silvia Maria Ulva.
Para pembaca Website SMP Negeri 1 Kayen yang berbahagia, Hari ini Kamis 21 April 2016 di halaman SMP Negeri 1 Kayen diselenggarakan Upacara Bendera guna memperingati Hari Kartini dan sekaligus memperingati HUT SMP Negeri 1 Kayen ke 36 dengan Inspektur Upacara Bapak Kepala SMP Negeri 1 Kayen, H Masturi,S.Ag. M.Pd.

Raden Adjeng Kartini lahir di Mayong, Jepara dari 21 April 1879. Beliau putra dari Bupati Jepara Jawa Tengah. Surat surat RA Kartini dibukukan oleh temannya Ny. Abendanon dengan diberi judul Habis Gelap Terbitlah Terang.

Sebelum tahun 1903 beliau mendirikan sekolah untuk para wanita dengan mengedepankan pembelajaran budi pekerti dan kesamaan hak dan derajat. Pada tanggal 12 November 1903, dinikahkan dengan bupati Rembang oleh orangtuanya. Bupati yang bernama K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat ini sebelumnya sudah memiliki istri, namun ternyata suaminya sangat mengerti cita-cita Kartini dan memperbolehkan Kartini membangun sebuah sekolah wanita. Selama pernikahannya, Kartini hanya memiliki satu anak yang diberi nama Soesalit Djojoadhiningrat. Kartini kemudian menghembuskan nafas terakhirnya 4 hari setelah melahirkan anak satu-satunya di usia 25 tahun.

Upacara dikuti oleh para guru dan karyawan SMP Negeri 1 Kayen serta 90 peserta Lomba Mapel Matematika, IPA dan IPS. serta disaksikan oleh para Pendamping Lomba dari SD/MI.

Sebagai rangkaian kegiatan pada Peringatan Hari Kartini dan HUT SMP Negeri 1 Kayen adalah:
1. Lomba Mapel SD/MI
2. Lomba Tumpeng Antar Kelas.
3. Lomba Masakan Antar Kelas.
4. Lomba Keluwesan Antar Kelas.
5. Lomba Mirip Kartini Antar Kelas.

Inilah beberapa foto dokumentasi dari Upacara Bendera dan Pembukaan Lomba Mapel :










0 komentar :

Poskan Komentar