Senin, 04 Juli 2016

Mengapa Sebuah Ijazah Perlu Segera Diambil?

Ditulis dan dipostingkan oleh Admin Web.
Ini adalah sebuah tema untuk para pembaca Website SMP Negeri 1 Kayen terutama bagi para siswa dan mahasiswa dan khususnya bagi para siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Kayen (Alumni Tahun 2016). Temanya adalah sebuah ijazah perlu diambil dari Sekolah atau Jurusan dari Fakultas  sebuah Perguruan Tinggi.

Mengapa sebuah ijazah perlu segera diurusi dan segera diambil? Adalah sebuah pertanyaan yang pasti para pembaca telah mengetahui jawabannya. Jawabannya adalah dengan mengantongi ijazah, para siswa atau mahasiswa telah secara resmi diakui  bahwa para siswa atau mahasiswa telah menyelesaikan suatu sekolah (satuan pendidikan) atau jurusan tertentu dari sebuah fakultas suatu universitas atau Perguruan Tinggi.

Apa resikonya bila ijazah tidak segera diambil?
Menurut pendapat Admin Web, ada beberapa hal yang negatif mengapa ijazah perlu segera diambil.Selain alasan tersebut diatas ada alasan alasan lain misalnya:

1. Penulisan ijazah harus benar dan tidak ada kesalahan sedikitpun tentang data data yang ditulis.Selain penulisan yang benar ada foto pemilik ijazah dan sidik jari pemegang, dan bila sudah benar sebuah ijazah baru ditanda tangani oleh Kepala Sekolah untuk satuan pendidikan. Sehingga sidik jari adalah sebuah langkah yang perlu dilakukan. Sebelum sidik jari, pemilik ijazah perlu mengecaek dulu kebenaran data yang telah ditulis. Setelah benar baru disidik jari dengan tiga jari kiri. Bila terjadi sebuah kesalahan pada penulisan, maka sebuah ijazah tidak bisa disidik jari. Ijazah yang salah akan dimintakan ganti oleh sekolah ke Dinas Pendidikan terkait, dan kadang perlu waktu untuk menuliskan kembali.

2. Alasan berikutnya adalah alasan keamanan. Ijazah yang tidak segera diambil akan rawan terhadap kerusakan dan hilang. Walaupun sebuah sekolah telah berusaha untuk menyimpan sebuah ijazah sebaik mungkin tetapi kadang resiko diatas masih bisa terjadi. Kalau sebuah ijazah  rusak atau hilang, maka sebuah sekolah tidak bisa  mengeluarkan ijazah lagi. Hal ini disebabkan sekolah tidak mempunyai blangko ijazah. Blangko ijazah harus diambil dari Dinas Pendidikan Kabupaten atau Kota. Dinas Pendidikan atau Kota tentu tidak akan mengeluarkan blangko ijazah dengan alasan apapun. Sehingga sekolah hanya mengeluarkan Surat Keterangan Lulus. Apakah para siswa mau dengan bersusah payah menempuh study beberapa tahun hanya mempunyai bukti surat keterangan lulus?


3. Alasan lain adalah merepotkan orang lain dan diri sendiri.
Dengan menunda pengambilan berarti menunda sidik jari dan tentu akan merepotkan Panitia atau Bapak Ibu Guru dan Staff TU. Mengapa demikian? Bapak atau Ibu Guru atau Staff TU akan membutuhkan waktu yang lain untuk melayani para siswa untuk sidik jari dan mengambil ijazah. Apabila yang menjadi panitia ada keperluan lain sehingga tidak ada waktu untuk melayani dengan cepat berarti siswa harus bersabar untuk beberapa hari.. Akan menjadi kacau balau  jika sebuah ijazah sangat mendesak dibutuhkan untuk sebuah urusan yang sangat penting. Ada sebah pepatah : Menunda berarti meniadakan. Hal ini berarti urusan jadi berkepanjangan dan tentu akan merepotkan diri sendiri. 


Dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwa ada sedikitnya 4 alasan mengapa sebuah ijazah perlu diambil :
1. Pengakuan resmi telah menyelesaikan study dari sekolah/Perguruan Tinggi.
2. Proses penulisan data yang benar dan valid.
3. Resiko rusak dan hilangnya Ijazah
4. Merepotkan orang lain dan diri sendiri

Saran :

SEBUAH IJAZAH PERLU SEGERA DISIDIK JARI DAN PERLU SEGERA DIAMBIL UNTUK DISIMPAN DENGAN BAIK SEBAGAI SEBUAH DOKUMEN RESMI PRIBADI.
Demikian, para pembaca, semoga artikel ini bermanfaat...

0 komentar :

Poskan Komentar