Sabtu, 06 April 2019

SMP Negeri 1 Kayen Menyambut Tim Penilai Sekolah Adi Wiyata Kabupaten Pati

Ditulis dan dipostingkan oleh Pak Damin (Admin Web)
Para pembaca Website SMP Negeri 1 Kayen yang budiman. Pada hari ini,  SMP Negeri 1 Kayen akan dikunjungi oleh Team Penilai  Sekolah Adi Wiyata dari Kabupaten Pati. Untuk itu, pagi ini diselenggarakan kerja bakti masal oleh para siswa, para dewan guru dan karyawan untuk menyambut penilaian tersebut. Jam yang digunakan adalah jam Sabtu Sehat. Biasanya pada Sabtu pagi jam pertama setelah apel, para siswa lari lari keluar sekolah , namun untuk pagi ini acara lari lari diganti dengan acara kerja bakti.

Persiapan secara intensive untuk menuju Sekolah Adi Wiyata telah dilaksanakan beberapa minggu terakhir ini. Kegiatan kegiatan  Pembiasaan untuk selalu hidup bersih dan sehat telah diterapkan untuk para siswa, para guru dan karyawan. Untuk mengurangi penumpukan plastik di sekolah, Ketua Team Menuju Sekolah Adi Wiyata, Bapak Teguh Kuat telah mewajibkan para penjual di kantin sekolah untuk tidak membungkus makanan dengan plastik. Para siswa diwajibkan untuk membawa tempat makan dan minum dari rumah sebagai tempat makanan dan minuman yang mereka beli.

Pembiasaan untuk membuang sampah organik dan sampah unorganik juga diwajibkan kepada masyarakat sekolah. Sampah organik seperti daun daun kering dan kertas ditaruh pada tempat sampah Organik. Sedangkan sampah unorganik seperti plastik diletakkan pada tempat sampah unorganik.

Pembiasaan berikutnya adalah perintisan para siswa mempunyai Tabungan Sampah. Anak anak diminta oleh Wali Kelas seminggu sekali untuk membawa sampah jenis kertas dan plastik yang dicatat oleh wali kelas masing masing.

Untuk menyambut penilaian Sekolah Adi Wiyata, persiapan tidak pada hari ini saja namun SMP Negeri 1 Kayen sudah berbenah beberapa tahun terakhir. Pembiasaan yang diwajibkan sekolah untuk pagi hari sebelum apel para siswa yang mendapat tugas Piket Kebersihan menyapu, mengepel dan menaruh sampah di tempat sampah kemudian membuang sampah pada tempatnya. Demikian pula, ketika pulang para siswa yang memperoleh tugas Piket Kebersihan pada hari itu juga membersihkan kelas.

Kebiasaan ditanamkan kepada para siswa yang baru berjalan mereka melihat adanya sampah, mereka harus memungut dan menaruh pada tempat sampah. Kebiasaan lain adalah para siswa harus menyiram dengan air secara bersih setelah buang air kecil dan buang air besar.

Para pembaca yang budiman, SMP Negeri 1 Kayen terus berbenah dan terus berusaha untuk menjadikan sekolah yang bersih dan sehat. Pembiasaan untuk hidup bersih, rapi dan sehat tetap senantiasa dilaksanakan untuk semua masyarakat SMP Negeri 1 Kayen yang terdiri dari unsur Siswa, unsur Pendidik dan unsur Staff TU dan Karyawan. Sebuah pepatah bijak mengatakan Kebersihan adalah pangkal kesehatan. dan Kebersihan adalah sebagian dari iman. Semoga posting ini bermanfaat.

Yang terakhir kami mengucapkan:
SELAMAT DATANG TEAM PENILAI ADI WIYATA KABUPATEN PATI di SMP NEGERI 1 KAYEN 






0 komentar :

Posting Komentar